MEMAHAMI RAGAM WACANA TULIS DENGAN MEMBACA EKSTENSIF, MEMBACA INTENSIF, MEMBACA CEPAT
Ada 3 cara membaca, yaitu :
·
Membaca mendalami (ekstensif) digunakan dalam kegiatan
membaca buku
·
Membaca cepat (intensif) digunakan dalam kegiatan
membaca berita
·
Membaca memindai (scanning) digunakan dalam kegiatan membaca kamus
Artikel
Artikel adalah karangan seorang yang membahas suatu pokok
masalah aktual dalam masyarakat (pemberitaan)
Dalam perkembangannya, mulailah dibedakan antara
·
tulisan yang berisi laporan peristiwa (berita),
·
tulisan yang berisi pendapat pribadi (opini),
·
tulisan yang bersifat human interest (karangan khas),
dan
·
tulisan yang berisi pendirian subjektif terhadap suatu
masalah (artikel)
Grafik-Tabel-Bagan
Membaca merupakan kegiatan untuk mencari informasi dalam
sebuah wacana. Wacana tersebut bisa berupa tulisan, gambar, diagram, atau
kombinasi dari semua itu dalam suatu karangan.
intensif = suatu kegiatan untuk mencari informasi secara sungguh-sungguh/mendalam
dalam sebuah wacana
identifikasi = menemukan ciri-ciri suatu grafik, tabel, atau
bagan
contoh =
·
Tabel Adegan Merokok Di Sinetron
Adegan Merokok
|
Jumlah
|
%
|
Ada
|
9
|
64,28
|
Tidak ada
|
4
|
35,72
|
Total
|
13
|
100
|
Melalui tabel di atas, kita dapat melihat ada 9 sinetron
(64,28%) yang menampilkan adegan merokok. Tabel tersebut berdasarkan hasil
pengamatan yang dilakukan dalam 5 hari. Pengamatan dilakukan pada 14 episode
sinetron yang disiarkan oleh 6 stasiun TV swasta, yaitu RCTI, SCTV, Indosiar,
AnTV, Trans TV, dan TV One.
·
Diagram Lingkaran “Pelajaran Yang
Digemari”
Diagram lingkaran ini menunjukan mata pelajaran yang digemari
siswa kelas VI SD Margamulya. Dari jumlah siswa kelas VI, yaitu 120 siswa,
pelajaran Matematika merupakan pelajaran yang paling banyak digemari (30%)
pelajaran yang paling kurang digemari adalah pelajaran PPKn (10%)
·
Tabel Sumbangan Buku
Pada tahun 2001 perpustakaan Kencana menerima 400 eksemplar
buku, 3 tahun berikutnya secara ajeg menerima 100 eksemplar buku. Jadi, tahun
2004 perpustakaan kencana telah menerima sumbangan buku sebanyak 700 eksemplar
Langkah-langkah untuk membaca grafik, tabel, dan bagan
Menyimpulkan Gagasan Utama Dengan Cepat
Langkah-langkah Membaca Cepat
·
Gagasan yang kita pahami lebih banyak
·
Waktu yang kita gunakan lebih singkat
Hal yang diperhatikan dalam
mengukur kemampuan membaca cepat :
·
Tingkat pemahaman terhadap bacaan
·
Waktu yang dibutuhkan dalam membacanya
Rumus kemampuan efektif membaca:
Keterangan :
p = jumlah kata yang terdapat dalam
bacaan
q = jumlah waktu dalam hitungan
detik
r = jumlah jawaban yang benar
Komentar
Posting Komentar