MEMAHAMI RAGAM WACANA TULIS DENGAN MEMBACA EKSTENSIF, MEMBACA INTENSIF, MEMBACA CEPAT



Ada 3 cara membaca, yaitu :
·         Membaca mendalami (ekstensif) digunakan dalam kegiatan membaca buku
·         Membaca cepat (intensif) digunakan dalam kegiatan membaca berita
·         Membaca memindai (scanning)  digunakan dalam kegiatan membaca kamus


Artikel


Artikel adalah karangan seorang yang membahas suatu pokok masalah aktual dalam masyarakat (pemberitaan)

Dalam perkembangannya, mulailah dibedakan antara
·         tulisan yang berisi laporan peristiwa (berita),
·         tulisan yang berisi pendapat pribadi (opini),
·         tulisan yang bersifat human interest (karangan khas), dan
·         tulisan yang berisi pendirian subjektif terhadap suatu masalah (artikel)


Grafik-Tabel-Bagan


Membaca merupakan kegiatan untuk mencari informasi dalam sebuah wacana. Wacana tersebut bisa berupa tulisan, gambar, diagram, atau kombinasi dari semua itu dalam suatu karangan.

intensif = suatu kegiatan untuk mencari informasi secara sungguh-sungguh/mendalam dalam sebuah wacana
identifikasi = menemukan ciri-ciri suatu grafik, tabel, atau bagan

contoh =

·         Tabel Adegan Merokok Di Sinetron

Adegan Merokok
Jumlah
%
Ada
9
64,28
Tidak ada
4
35,72
Total
13
100

Melalui tabel di atas, kita dapat melihat ada 9 sinetron (64,28%) yang menampilkan adegan merokok. Tabel tersebut berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan dalam 5 hari. Pengamatan dilakukan pada 14 episode sinetron yang disiarkan oleh 6 stasiun TV swasta, yaitu RCTI, SCTV, Indosiar, AnTV, Trans TV, dan TV One.

·         Diagram Lingkaran “Pelajaran Yang Digemari”


Diagram lingkaran ini menunjukan mata pelajaran yang digemari siswa kelas VI SD Margamulya. Dari jumlah siswa kelas VI, yaitu 120 siswa, pelajaran Matematika merupakan pelajaran yang paling banyak digemari (30%) pelajaran yang paling kurang digemari adalah pelajaran PPKn (10%)

·         Tabel Sumbangan Buku


Pada tahun 2001 perpustakaan Kencana menerima 400 eksemplar buku, 3 tahun berikutnya secara ajeg menerima 100 eksemplar buku. Jadi, tahun 2004 perpustakaan kencana telah menerima sumbangan buku sebanyak 700 eksemplar

Langkah-langkah untuk membaca grafik, tabel, dan bagan


Menyimpulkan Gagasan Utama Dengan Cepat


Langkah-langkah Membaca Cepat





Keuntungan dari kegiatan membaca cepat :

·         Gagasan yang kita pahami lebih banyak
·         Waktu yang kita gunakan lebih singkat

Hal yang diperhatikan dalam mengukur kemampuan membaca cepat :

·         Tingkat pemahaman terhadap bacaan
·         Waktu yang dibutuhkan dalam membacanya






Rumus kemampuan efektif membaca:




Keterangan :
p = jumlah kata yang terdapat dalam bacaan
q = jumlah waktu dalam hitungan detik

r = jumlah jawaban yang benar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGUNGKAPKAN INFORMASI DALAM BENTUK IKLAN BARIS, MENYUNTING, DAN RESENSI